Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Maze Kata di TK Adhyaksa Padang.

Nurliani, Neneng (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Maze Kata di TK Adhyaksa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NENENG_NURLIANI_93950_2011.pdf] Text
final_B1_NENENG_NURLIANI_93950_2011.pdf

Download (239kB)

Abstract

Pembelajaran membaca merupakan pembelajaran yang sulit bagi anak,terutama dalam kegiatan membaca sebuah kata. Apalagi pembelajaran tersebuttidak bervariasi. Dalam permainan ini anak dituntut untuk bisa membaca katatersebut. Oleh karena itu supaya anak tertarik dalam kegiatan membaca guru harusbisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.Penulisan ini menggambarkan permainan maze kata dalam meningkatkankemampuan membaca anak, sehingga dapat dirumuskan permasalahan dalampenelitian ini adalah media dan alat peraga kurang bervariasi serta anak merasatertekan dalam kegiatan pembelajaran sehingga anak cepat merasa bosan dankurangnya rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran membaca.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjekpenelitian murid TK Adhyaksa Padang pada kelompok B1. Dengan jumlah murid15 orang. 8 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Pada tahun ajaran2010/ 2011.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dansiklus II. Kemampuan membaca anak pada Siklus I umumnya rendah, hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Siklus I belum mencapai kriteriaketuntasan minimal, indikator yang belum tercapai adalah kemampuanmenghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yangmelambangkannya. Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat sederhana.Menghubungkan gambar/ benda dengan kata. Berdasarkan hasil analisa, makarencana pada Siklus II direvisi kembali, dan pada Siklus II kemampuan membacaanak menjadi meningkat. Pada Siklus I persentase nilai rata-rata yang diperolehsiswa yaitu 8.5% dan terjadi peningkatan pada Siklus II dengan persentase ratarata yaitu 84%. Hasil persentase nilai anak menunjukkan bahwa KriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang telah tercapai sudah melebihi 75%.Berdasarkan hasil penelitin, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membacaanak melalui maze kata di TK Adhyaksa Padang meningkat, dan permainan mazekata dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membacaAnak Usia Dini 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA ANAK, PERMAINAN MAZE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:56
Last Modified: 29 Sep 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25884

Actions (login required)

View Item
View Item