Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kec. Koto Tangah Kota Padang.

Khairul, Khairul (2011) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KHAIRUL_09452_2572_2011.pdf] Text
final_B1_KHAIRUL_09452_2572_2011.pdf

Download (179kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV pada akhir semester II tahun 2011 mata pelajaran IPS berkisar pada posisi terendah, nilai ratarata dalam pembelajaran guru masih menggunakan paradigma lama. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini berusaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui pendekatan inkuiri di kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kec. Koto Tangah Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan ini digunakan peneliti untuk pengolahan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar siswa. Siswa yang diambil sebagai subjek peneliti adalah siswa yang duduk di kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kec. Koto Tangah Padang yang berjumlah 27 orang. Data penelitian ini diperoleh berupa hasil pengamatan, hasil tes, dan refleki diri yang peneliti lakukan dari sistim tindakan perbaikan melalui pendekatan inkuiri. Hasil penelitian setiap siklus yang dilakukan dalam peneliti terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 6,0, siklus I pertemuan kedua nilai rata-rata hasil belajar siswa rata-rata nilai menjadi 7,1, selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata nilai 9,1. Peneliti mengambil kesimpulan peningkatan hasil penilaian IPS melalui pendekatan inkuiri oleh siswa SD Negeri 31 Pasir Kandang Kec. Koto Tangah Padang mampu mencapai ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pembelajaran, Pendekatan Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:39
Last Modified: 29 Sep 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item
View Item