Erland, Rommy (2011) Penerapan Model Learning Cycle pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROMMY ERLAND-86140-2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROMMY ERLAND-86140-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROMMY ERLAND-86140-2011.pdf
Download (199kB)
Abstract
Pembelajaran matematika di SMPN 1 Lubuk Sikaping selama ini kurang membantu siswa untuk memahami pengetahuan secara optimal dan kurang melatih siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, maka diterapkan model pembelajaran Learning Cycle yang
diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping yang mengikuti model pembelajaran Learning Cycle lebih baik dari
hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Sedangkan pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah aktivitas siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika selama diterapkan model pembelajaran Learning
Cycle. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Desain untuk hasil belajar dan penelitian deskriptif untuk aktivitas siswa. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN
1 Lubuk Sikaping tahun pelajaran 2010/2011, Sampel dipilih dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan kelas VIII.6 sebagai kelas
kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes essay dan lembar observasi
aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 65,38 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 55,88. Dari
hasil pengujian hipotesis diperoleh t-hitung = 2,519 dan t-tabel = 1,645 karena thitung > t-tabel maka hipotesis
penelitian diterima.Dengan demikian,hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran Learning Cycle
lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa secara umum siswa lebih aktif selama pembelajaran Learning Cycle berlangsung terutama pada
aktivitas mengerjakan LKS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25877 |