Pengembangan Modul Berbasis Konsep Dilengkapi Blank Mind Map pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk SMP Kelas VIII

Englasari, Peni (2012) Pengembangan Modul Berbasis Konsep Dilengkapi Blank Mind Map pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PENI ENGLASARI_05009.pdf] Text
final_B1_PENI ENGLASARI_05009.pdf

Download (676kB)

Abstract

Pada dasarnya materi pembelajaran biologi adalah pembelajaran yang
menekankan kepada pemahaman konsep termasuk pada materi pokok sistem
gerak pada manusia. Agar siswa tidak salah dalam memahami konsep maka
digunakan pendekatan konsep untuk memahami materi pembelajaran. Selain itu,
untuk memudahkan siswa dalam menguasai materi pembelajaran dengan baik
maka diberikan Blank Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
modul berbasis konsep dilengkapi Blank Mind Map pada materi sistem gerak pada
manusia yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
3 tahap dari 4-D models yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design
(perancangan) dan develop (pengembangan). Pada tahap define, dilakukan analisis
kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, dan analisis konsep. Pada tahap design,
dilakukan perancangan modul berbasis konsep dilengkapi Blank Mind Map. Pada
tahap develop, dilakukan uji validitas oleh 6 orang validator yang terdiri dari 3
orang dosen dan 3 orang guru biologi SMP. Selanjutnya dilakukan uji
praktikalitas oleh 3 orang guru biologi SMP dan siswa kelas IX SMP Negeri 1
Lubuk basung.
Hasil uji validitas modul oleh validator ditinjau dari aspek didaktik adalah
84,11%, aspek konstruksi 81,77%, dan aspek teknis 83,92% dengan rata-rata nilai
validitas 83,26% dengan kriteria valid. Uji praktikalitas oleh guru dan siswa
ditinjau dari aspek kemudahan dalam penggunaan dan efisisensi waktu
pembelajaran. Nilai rata-rata praktikalitas modul oleh guru adalah 90,44%
termasuk kriteria sangat praktis dan nilai rata-rata praktikalitas oleh siswa adalah
85,78% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis
konsep dilengkapi Blank Mind Map yang dihasilkan sudah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BLANK MIND MAP
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:38
Last Modified: 29 Sep 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25875

Actions (login required)

View Item
View Item