Khainar, Khainar (2011) Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Perilaku Tokoh melalui Dialog Naskah Drama dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas XI IPS I SMA N 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KHAINAR_51227_1050_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KHAINAR_51227_1050_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KHAINAR_51227_1050_2011.pdf
Download (723kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mendeskripsikan perilaku tokoh melalui dialog naskah drama dengan teknik pemodelan siswa kelas XI IPS I SMA N 3 Payakumbuh ditinjau dari ucapan tokoh, tindakan tokoh, dan pikiran tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi peningkatan kemampuan siswa mendeskripsikan perilaku tokoh melalui dialog naskah drama dengan teknik pemodelan kelas XI IPS I SMA N 3 Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 3 Payakumbuh yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Sebelum siklus pertama dilakukan tes prasiklus atau studi pendahuluan untuk melihat pemahaman siswa. Data penelitian ini adalah hasil observasi pelaksanaan dan kegiatan siswa dalam proses belajar dan mengajar, hasil angket, dan hasil tes.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik pemodelan efektif dalam meningkatkan kemampuan mendeskrisikan perilaku tokoh dalam dialog naskah drama siswa kelas XI IPS 1 SMA N 3 Payakumbuh. Efektivitas tersebut tergambar dalam hal sebagai berikut, (1) penggunaan teknik pemodelan dapat memotivasi siswa dalam mendeskripsikan perilaku tokoh dalam dialog naskah drama, (2) hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan teknik pemodelan, dan (3) siswa berani mengeluarkan pendapat dan menerima perbedaan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS I SMA 3 Payakumbuh dalam mendeskripsikan perilaku tokoh melalui dialog naskah drama secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mendeskripsikan Perilaku Tokoh, Dialog Naskah Drama dengan Teknik Pemodelan |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25869 |