Asnaweti, Kenny (2011) Penerapan Metode Survey, Question, Read, Retice, and Review (SQ3R) Disertai Catatan Tulis Susun (CTS) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KENNY ASNAWETI_86132_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KENNY ASNAWETI_86132_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KENNY ASNAWETI_86132_2011.pdf
Download (619kB)
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang terjadi di SMAN 2 Pariaman belum mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan, hasil belajar matematika siswa masih rendah, terbukti dari banyaknya siswa yang belum tuntas dalam mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Selain itu aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika masih kurang. Siswa kurang diberi kesempatan untuk bertanya, minat dan kemampuan siswa dalam membaca belum dimaksimalkan serta siswa malas membuat catatan, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Salah satu cara yang digunakan agar siswa bisa memahami materi dengan baik, peneliti menerapkan metode SQ3R disertai CTS. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimanakah aktivitas siswa kelas X SMAN 2 Pariaman dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SQ3R disertai CTS dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode SQ3R disertai CTS lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah gabungan antara penelitian eksperimen dan deskriptif dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Pariaman. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas X.2 dengan 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 dengan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan pengolahan data hasil tes akhir penelitian yang dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t-hitung =2,25, t-tabel = 1,67. Rata-rata hasil tes akhir di kelas eksperimen adalah 66,09 dan di kelas kontrol adalah 57,16. Karena t-hitung > t-tabel berarti hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode SQ3R disertai CTS lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi, secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa selama melakukan pembelajaran dengan metode SQ3R disertai CTS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Survey, Question, Read, Retice, and Review (SQ3R), Catatan Tulis Susun (CTS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25864 |