The Implementation of Cooperative Learning Principles in Teaching Reading Comprehension at SMAN 3 Bukittinggi.

Kemala, Hayati (2011) The Implementation of Cooperative Learning Principles in Teaching Reading Comprehension at SMAN 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KEMALA_HAYATI_67495_2761_2011.pdf] Text
final_B1_KEMALA_HAYATI_67495_2761_2011.pdf

Download (587kB)

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yang biasa diterapkan guru dalam pengajaran pemahaman membaca (reading comprehension) adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Namun nyatanya, ada beberapa prinsip yang tidak dterapkan oleh guru yang menyebabkan pembelajaran kooperatif itu sendiri tidak berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru-guru bahasa Ingrris di SMAN 3 Bukittinggi mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif dan bagaimana penerapannya dalam pengajaran reading comprehension (pemahaman membaca). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris kelas sepuluh dan sebelas, sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pertama sekali penelitian melakukan observasi kelas untuk melihat apakah guru menerapkan atau tidak prinsip pembelajaran kooperatif dan bagaimana guru menerapkannya. Observasi dilakukan dengan menggunakan panduan observasi. Peneliti mengambil data dari 6 kali pertemuan bagi masing-masing guru. Dari hasil observasi tersebut peneliti mewawancarai guru untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci yang belum bisa didapatkan melalui observasi. Dari hasil penelitian bahwa guru ditemukan bahwa guru belum sepenuhnya menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif. Dalam pengelompokkan siswa, guru hanya membagi siswa berdasarkan tempat duduk atau absen saja, sehingga tidak ada pemerataan kemampuan siswa di setiap kelompok. Selain itu, setiap siswa di satu kelompok mendapatkan materi yang sama. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran terutama dalam pengimplementasian pembelajaran kooperatif yang mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran kooperatifnya itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Teaching Reading Comprehension
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:04
Last Modified: 29 Sep 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25862

Actions (login required)

View Item
View Item