Anuar, Kaspul (2011) Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Penggunaan Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KASPUL_ANUAR_85222_578_2012.pdf [thumbnail of final_B1_KASPUL_ANUAR_85222_578_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KASPUL_ANUAR_85222_578_2012.pdf
Download (398kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri I Padang. Rendahnya hasil belajar pada mata diklat penggunaan alat ukur siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Padang, tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Ketersediaan fasilitas belajar dan pemanfaatanya oleh guru akan menimbulkan berbagai persepsi oleh siswa. Persepsi siswa tentang fasilitas belajar tersebut adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap, minat dan motivasi dalam mengikuti pelajaran. Fasilitas belajar yang lengkap disertai pemanfaatanya secara efektif dan optimal akan memperlancar proses belajar dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat penggunaan alat ukur kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Padang”. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat penggunaan alat ukur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Padang yang berjumlah 98 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 50 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data persepsi siswa tentang fasilitas belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata diklat penggunaan alat ukur diperoleh dari nilai akhir murni dari guru mata diklat penggunaan alat ukur semester genap TA 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, di uji dengan mengunakan uji t. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r (0,859 > 0,279) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t (11,624 > 1,678) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat penggunaan alat ukur kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Persepsi Siswa, Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 01:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 01:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25860 |