Yusnengsih, Yusnengsih (2019) Penerapan Prosedur Penanganan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu oleh Cashier di Cafe De Rosa. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_YUSNENGSIH_17215014_2676_2019.pdf.pdf [thumbnail of B1_4_YUSNENGSIH_17215014_2676_2019.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_YUSNENGSIH_17215014_2676_2019.pdf.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penulisan proyek akhir ini berawal dari wawancara singkat penulis dengan beberapa staff Cafe De Rosa mengenai Penerapan Prosedur Penangan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu di Cafe De Rosa yang masih kurang baik, karena masih terdapatnya cashier Cafe De Rosa yang tidak menerapkan Penanganan Pembayaran Tagihan Tamu sesuai dengan prosedur hotel. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Prosedur Penanganan Pembayaran Tagihan Makanan dan Minuman Tamu di Cafe De Rosa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif data kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 29 Januari 2019-03 Februari 2019 di Jalan Pembagunan Nagoya Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Sumber data adalah 1 orang supervisor dan 3 orang cashier Cafe De Rosa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penulisan proyek akhir ini menunjukkan bahwa secara umum prosedur penangan pembayaran tagihan tamu adalah 1) Sebagian cashier di Cafe De Rosa belum mencetak bill dengan memastikan pembayaran tamu sesuai. 2) Semua cashier di Cafe De Rosa sudah melakukan proses memasukkan bill kedalam bill holder dengan dilengkapi pena. 3) Sebagian kecil cashier di Cafe De Rosa belum memberikan bill dengan memastikan posisi bill benar. 4) Semua cashier di Cafe De Rosa sudah menerapkan prosedur pembayaran tagihan tamu dengan ditanda tangani kekamar.5) Sebagian kecil cashier belum mengikuti prosedur penanganan pembayaran tamu dengan kartu kredit. 6) Hampir semua cashier tidak melakukan proses penanganan pembayaran dengan tunai yang sesuai dengan prosedur yang di tetapkan. 7) Semua cashier sudah mengikuti prosedur penutupan tagihan sesuai dengan jenis pembayaran.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROSEDUR PENANGANAN, PEMBAYARAN TAGIHAN , CASHIER CAFE DE ROSA |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:15 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2586 |