Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam

Yanti, Kasni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KASNI_YANTI_55089_2011.pdf] Text
final_B1_KASNI_YANTI_55089_2011.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SD Negeri 24 Guguak Tinggi kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA, masih berpusat pada guru. Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Guguak Tinggi kecamatan IV koto Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Guguak Tinggi. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi aktifitas guru, aktifitas siswa, evaluasi belajar siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada: a) rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus pertama adalah 64,53% termasuk kriteria kurang, siklus kedua meningkat menjadi 81,09% termasuk kriteria baik, b) ratarata skor asfek psikomotor siswa pada siklus pertama 64,52% termasuk kriteria kurang, siklus kedua meningkat menjadi 80,46% termasuk kriteria baik, dan c) rata-rata skor aspek kognitif pada siklus pertama 63,59 meningkat menjadi 80. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 24 Guguak Tinggi Kecamatan Koto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:38
Last Modified: 29 Sep 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item
View Item