Kasmawati, Kasmawati (2010) Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KASMAWATI_48646_1476_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KASMAWATI_48646_1476_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KASMAWATI_48646_1476_2011.pdf
Download (225kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam belajar sejarah yang mana dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM yang ditentukan. Salah satu penyebabnya yaitu kurang bervariasinya media yang digunakan guru. Kemampuan siswa dalam belajar diperlihatkan dengan hasil belajarnya. Bila hasil belajarnya tinggi atau baik artinya siswa tersebut berhasil dalam belajar dan sebaliknya. Hasil belajar yang baik dapat di peroleh siswa dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan minat dan motifasi terhadap materi yang disampaikan guru di depan kelas. Untuk itu guru dituntut untuk menarik minat siswa sebesar mungkin terhadap materi yang di sampaikanya. Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan motifasi siswa terhadap materi ajar yang disampaikan guru adalah dengan menggunakan alat bantu pengajaran atau media. Alat bantu yang baik digunakan adalah media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan media komik terhadap peningkatan hasil belajar sejarah siswa pada kelas XI SMA N 8 Padang Jenis penelitian ini adalah eksperimen dimana data diperoleh langsung dari siswa SMA N 8 Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 8 Padang yang berjumlah 128 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini berdasarkan random kelompok, dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas yaitu satu untuk kelas exsperimen dan satu lagi kelas kontrol yang berjumlah 64 orang. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan media komik dalam proses belajar mengajar dengan kelas yang tidak menggunakan media komik di SMA N 8 Padang. Hal ini bisa dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 25.22, sedangkan kelas kontrol 23.19. berdasarkan uji t yang dilakukan didapat t adalah 2.13 dengan taraf nyata 0.05 dengan dk=62 diperoleh t table 1.69 karena t lebih besar dari t maka hipotesis penelitian diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media komik sangat baik table digunakan dalam proses belajar mengajar karena dengan penggunaan media komik dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penulis menyarankan agar guru menggunakan media yang bervariasi seperti media komik dalam proses belajar mengajar agar dapat menarik minat dan motifasi siswa yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar sejarah siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Media Komik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 01:38 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 01:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25858 |