eningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Problembbasic introduction (PBI) di Kelas vi SD N 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan

Kasmalaili, Kasmalaili (2011) eningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Problembbasic introduction (PBI) di Kelas vi SD N 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KASMALAILI_094567_2706_2011.pdf] Text
final_B1_KASMALAILI_094567_2706_2011.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial lebih cenderung menggunakan pendekatan konvensional, siswa kurang berkreasi karena kebanyakan siswa hanya menerima perintah dari guru, akhirnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tidak bermakna bagi siswa, sehingga hasil belajar yang didapat tidak memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan itu, maka Model Pembelajaran Problem Basic Introduction (PBI) adalah salah satu Model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resaarch), penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antar penulis dan observer. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengematan dan catatan setiap tindakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penggunaan Model Pembelajaran Problem Basic Introduction. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Basic Introduction dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siklus I Pertemuan I adalah 69%dan siklus I pertemuan II dengan ketuntasan 75 % dan siklus II dengan ketuntasan belajar 86 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kemampuan menggambar dekoratif motif hias dalam pembelajaran Seni Rupa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar , Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Problem Basic Introduction (PBI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:31
Last Modified: 29 Sep 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25857

Actions (login required)

View Item
View Item