Urgensi Fasilitas dalam Meningkatkan Minat Belajar Program Desain Mode di TBM

Fradilla, Zerli (2021) Urgensi Fasilitas dalam Meningkatkan Minat Belajar Program Desain Mode di TBM. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ZERLI_FRADILLA_15005079_5408_2021.pdf] Text
B1_4_ZERLI_FRADILLA_15005079_5408_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan nonformal diperuntukkan bagi masyarakat yang secara khusus
membutuhkan pendidikan sebagai pelengkap, penambah, dan pengganti dari pendidikan
formal. Pendidikan nonformal dapat dijadikan sebagai penunjang, pelengkap, penambah
dari pendidikan yang diperoleh seseorang di dalam pendidikan formal, yang mana
pendidikan nonformal itu diadakan untuk masyarakat yang membutuhkan pendidikan
tersebut. Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kesetaraan, pelatiham dan
keterampilan kerja, keaksaraan fungsional, pemberdayaan perempuan, kepemudaan,
PAUD, kecakapan hidup, dan lain-lain.
Taman Baca Masyarakat (TBM) adalah salah satu lembaga dibidang pendidikan
nonformal. Taman baca masyarakat dapat diartikan lembaga pendidikan nonformal
berfokus pada penyedia layanan ilmu berupa media cetak (buku) ataupun media
elektronik (internet). Disisi lain, taman baca masyarakat juga berfungsi sebagai
pendukung kegiatan pendidikan nonformal, salah satunya yaitu pendidikan keaksaraan.
Desain mode merupakan program pendidikan nonformal yang berfokus pada
ilmu merancang dan menjahit busana. Program ini dilakasanakan pada berbagai
lembaga pendidikan nonformal, salah satunya di lembaga Taman Baca Masyarakt
(TBM). Terdapat komponen penting dalam program desain mode, yaitunya fasilitas
dalam belajar. Fasilitas belajar dikatakan komponen penting karena mampu mendorong
rasa minat seseorang dalam mengikuti suatu program pembelajaran. Minat belajar
merupakan suatu unsur dalam menunjang keberhasilan program pembelajaran. Tanpa
adanya minat yang tinggi dari peserta program, maka akan menciptakan
ketidakberhasilan dalam suatu program. Fasilitas memiliki keterkaitan hubungan
dengan minat belajar dalam mencapai suatu keberhasilan program

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:30
Last Modified: 29 Sep 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item
View Item