Pelaksanaan Metode Ceramah oleh Guru Sosiologi SMA Negeri se-Kabupaten Padang Pariaman

Fourtiza, Yunita (2012) Pelaksanaan Metode Ceramah oleh Guru Sosiologi SMA Negeri se-Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_YUNITA_FOURTIZA_84800_5384_2012.pdf] Text
B1_4_YUNITA_FOURTIZA_84800_5384_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan di beberapa SMA
Negeri Kabupaten Padang Pariaman guru masih menggunakan metode ceramah
namun, sebagian guru belum berhasil dalam menciptakan metode ceramah yang
menarik pada mata pelajaran Sosiologi karena dalam pelaksanaanya diawali dengan
penjelasan singkat kemudian mencatatkan poin-poin penting sebelum menjelaskan
dan selanjutnya mengevaluasi siswa dengan mengerjakan LKS. Berdasarkan hal ini
timbul pertanyaan apakah pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan prosedur
metode ceramah yang meliputi persiapan, penyajian, korelasi, kesimpulan dan
pengaplikasian yang dikemukakan oleh Wina Sandjaya. Untuk itu perlu dilakukan
penelitian guna mengetahui pelaksanaan metode ceramah oleh guru sosiologi di
beberapa SMA Negeri Kabupaten Padang Pariaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi evaluatif.
Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
informan 15 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
observasi dan wawancara. Peneliti melakukan observasi tentang pelaksanaan metode
ceramah oleh guru sosiologi SMA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman menurut
prosedur metode ceramah dan wawancara mendalam dilakukan untuk memperoleh
gagasan dan ide tentang pelaksanaan metode ceramah. Untuk mendapatkan data yang
valid dilakukan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis
interaktif dari Milles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan metode ceramah oleh
guru sosiologi di beberapa SMA Negeri Kabupaten Padang Pariaman sebagian besar
sudah melaksanakan prosedur metode ceramah menurut yang dikemukakan oleh
Wina Sandjaya karena (1) guru sudah melakukan tahap persiapan. (2) pada tahap
penyajian guru belum maksimal menciptakan pembelajaran yang kondusif karena
tidak semua guru yang bisa menciptakan joke yang menyegarkan. (3) pada tahap
korelasi sudah terlaksana dengan baik karena guru sudah mengaitkan fakta dengan
pengalaman siswa. (4) pelaksanaan kesimpulan sudah dilakukan dengan baik yaitu
guru mengulang kembali inti-inti materi dan (5) pelaksanaan pengaplikasian sudah
dilakukan dengan menyuruh siswa untuk mengerjakan soal yang ada dibuku sumber

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:25
Last Modified: 29 Sep 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item
View Item