Elvianto, Suci (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik pada Aspek Penilaian dalam Pembelajaran Teks Negosiasi di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SUCI_ELVIANTO_1452_14016023_2018.pdf [thumbnail of B1_01_SUCI_ELVIANTO_1452_14016023_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SUCI_ELVIANTO_1452_14016023_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) alat penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang, (2) pengembangan alat penilaian pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang, (3) pelaksanaan penilaian pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang dan (4) pengolahan penilaian pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang penerapan pendekatan saintifik pada aspek penilaian dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang yang dilakukan guru bahasa Indonesia di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan empat hal berikut. (1) Alat penilaian autentik yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang dalam pembelajaran teks negosiasi adalah penilaian praktik/kinerja, penilaian observasi, proyek dan investigasi, penilaian jurnal, buku harian, pertanyaan respons terbuka, dan portofolio. (2) Pengembangan alat penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. (3) Pelakasanaan penilaian pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang secara umum, pelaksanaan sudah dilaksanakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhamamdiyah 1 Padang. (4) Pengolahan penilaian pembelajaran teks negosiasi di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang secara umum sudah dilaksanakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 01:20 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 01:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25817 |