Disiplin Kerja Guru Sosiologi SMTA Menurut Standar Proses di Kecamatan Sungai Limau

Putri, Yunaswita (2012) Disiplin Kerja Guru Sosiologi SMTA Menurut Standar Proses di Kecamatan Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_YUNASWITA_PUTRI_79535_2901_2012.pdf] Text
B1_4_YUNASWITA_PUTRI_79535_2901_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk melihat
bagaimana disiplin kerja guru sosiologi SMTA menurut standar proses di
Kecamatan Sungai Limau dalam membuat perencanaan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran dan melakukan evalusi pembelajaran, berdasarkan
ketepatan waktu, kesadaran, ketaatan dan tanggung jawab sesuai dengan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Teori Habitus dari Pierre
Bourdiu. Inti Pemikiran Pierre Bourdiu adalah suatu tindakan sosial terjadi bahwa
tindakan individu merupakan dasar bagi terciptanya tatanan sosial; memahami
kenyataan sosial meniscayakan penyingkapan rasionalitas tindakan individual
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi
evaluatif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling
dengan jumlah informan 12 orang. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti
melakukan observasi tentang disiplin kerja guru sosiologi SMTA di Kecamatan
Sungai Limau menurut standar proses. Wawancara mendalam dilakukan untuk
memperoleh gagasan dan ide tentang disiplin kerja guru sosiologi SMTA di
Kecamatan Sungai Limau menurut standar proses. Sedangkan dari dokumentasi
dilihat dari Silabus dan RPP. Untuk mendapatkan data yang valid dilakukan
triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari
Mills dan Huberman, yaitu pengumpilan data, reduksi data, penyajian data dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, disiplin kerja guru sosiologi
SMTA menurut standar proses di Kecamatan Sungai Limau belum sesuai dengan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 serta standar profesional guru karena (1)
disiplin kerja guru sosiologi SMTA dalam perencanakan pembelajaran yang
berkaitan dengan waktu, ketaatan, kesadaran, dan tanggung jawab belum berjalan
sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pihak sekolah. (2) disiplin kerja guru
sosiologi SMTA dalam pelaksanakan pembelajaran yang berkaitan dengan waktu,
ketaatan, kesadaran, dan tanggung jawab melaksanakan pembelajaran yang belum
sejalan dengan RPP yang di kumpulkan. (3) disiplin kerja guru sosiologi SMTA
dalam evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan waktu, ketaatan, kesadaran,
dan tanggung jawab guru sudah lebih baik, bahkan dilakukan upaya pengayaan
dan remedial pada siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:18
Last Modified: 29 Sep 2025 01:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item
View Item