Amelia, Rika (2011) The Effect of Using Authentic Materials on Adolescent’s Motivation in Listening Activities: A Case Study at SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIKA_AMELIA_72712_1843_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIKA_AMELIA_72712_1843_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIKA_AMELIA_72712_1843_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar otentik (authentic materials) terhadap motivasi siswa usia remaja (adolescent) di kegiatan menyimak (listening) dalam Bahasa Inggris, perlu dilakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk dua hal. Pertama, untuk melihat apakah remaja yang diajar dengan bahan ajar otentik (BAO) memiliki motivasi yang lebih baik di kegiatan menyimak daripada yang tidak diajar dengan BAO. Kedua, untuk melihat efektivitas dari penggunaan BAO dari perspektif guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dimana motivasi remaja sebagai variabel terkontrolnya dan BAO sebagai variabel pengontrolnya. Selain itu, terdapat dua jenis kelas sebagai sampel dari penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Padang. Kelas pertama, kelas kontrol, adalah kelas yang diberikan perlakuan normal, yakni mengikuti kegiatan menyimak dengan bahan ajar non-otentik. Sementara, kelas kedua, kelas eksperimen, diberikan perlakuan berbeda, dimana kelas ini mengikuti kegiatan menyimak dengan BAO. Perbedaan tingkat motivasi dari kedua kelas ini diukur dengan affective test yang diberikan kepada siswa pada awal dan akhir penelitian. Berdasarkan perhitungan statistik, kedua kelas ini memiliki perbedaan motivasi yang signifikan (t hitung = 6,522). Selain itu, perbedaan antara dua kelas ini juga dapat dilihat dari hasil observasi di kedua kelas, dimana terdapat peningkatan dalam tiga hal yakni; (1) partisipasi siswa, (2) sikap terhadap guru, materi dan tugas, (3) sikap mental lainnya yang berkaitan dengan motivasi. Berdasarkan hasil wawancara, guru menilai bahwa BAO sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa usia remaja dalam kegiatan menyimak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa BAO mampu meningkatkan motivasi belajar siswa usia remaja dalam kegiatan menyimak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar otentik; Remaja; Kegiatan menyimak; Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 10:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 10:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25796 |