Tridayanti, Rika Siska (2011) Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Menggunakan Media Gambar Timbul dengan Gambar Berwarna dalam Pembelajaraan NHT pada Kelas VIII SMPN 1 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIKA SISKA TRIDAYANTI-77439-2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIKA SISKA TRIDAYANTI-77439-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIKA SISKA TRIDAYANTI-77439-2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Nilai rata-rata ujian biologi siswa kelas VIII semester I SMPN 1 Lubuk Basung masih berada di bawah KKM, hal ini terjadi karena pembelajaran biologi di sekolah umumnya masih terpusat pada guru serta terbatasnya media yang disediakan. Hal tersebut membuat siswa monoton dalam pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media gambar timbul dengan gambar berwarna dalam pembelajaran kooeratif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas VIII SMPN 1 Lubuk Basung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar biologi siswa antara yang menggunakan media gambar timbul dengan gambar berwarna dalam pembelajaran NHT pada kelas VIII SMPN 1 Lubuk Basung tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan the static group comparation. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, didapatkan kelas eksperimen I (kelas VIII.3) dan kelas eksperimen II (VIII.2). Instrument yang digunakan yaitu soal test yang diberikan di akhir materi pelajaran sebanyak 40 butir soal. Dari analisis data yang terdistribusi normal dan bervarians homogen dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan kriteria t hipotesis diterima dan sebaliknya. Dari hasil ujian yang telah dilakukan di akhir pelaksanaan penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I (76,66) lebih tinggi dari kelas eksperimen II (67,56). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 didapatkan t hitung = 3,90 dan harga t = 1, 67, pada derajat kebebasan 77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar biologi siswa antara menggunakan media gambar timbul dengan gambar berwarna dalam pembelajaran NHT pada kelas VIII SMPN 1 Lubuk Basung tahun pelajaran 2010/2011. Jadi, dengan kata lain hasil belajar biologi siswa yang pembelajarannya menggunakan media gambar timbul lebih baik daripada yang menggunakan gambar berwarna.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Timbul, Model NHT, Hasil Belajar Biologi, SMP Kelas VIII, Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 09:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25792 |