Edyan, Roly (2012) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester Ganjil 2011 Bidang Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Sunagi Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROLY_EDYAN_87682_195_2012.pdf [thumbnail of final_B1_ROLY_EDYAN_87682_195_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROLY_EDYAN_87682_195_2012.pdf
Download (529kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil wawancara yang penulis lakukan dengan sebagian siswa kelas XI jurusan teknik bangunan sewaktu melaksanakan praktek
pengalaman lapangan (PPL). Beberapa siswa teknik bangunan diantaranya kurang motivasi dalam belajar. Dan kemudian penulis hubungkan dengan hasil belajar mata pelajaran. Hipotesis penelitian adalah Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI Bidang KeahlianTeknik Bangunan di SMKN 2 Sungai Penuh tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Korelasi, yang bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi belajar siswa denga hasil belajar siswa kelas XI
semester ganjil 2011 SMKN 2 Sungai penuh. Penelitian ini mempunyai populasi yaitu seluruh siswa Kelas XI bidang keahlian teknik bangunan. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah 52 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling dan nomogram Harry King dengan taraf kesalahan 5%, uji coba angket penelitian dilakukan di SMKN 5 Sungai
Penuh terhadap 30 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan 5 tingkat jawaban yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) siswa yang memeiliki motivasi belajar sangat baik berjumlah 2 siswa, kategori baik 6 siswa , kategori cukup sebanyak 29
siswa, sedangkan dalam kategori kurang baik sebanyak 7 siswa. (b) siswa yang hasil belajarnya sangat baik 2 siswa, kategori baik 2 siswa, kategori cukup 35 siswa, sedangkan kategori tidak baik 5 siswa. (c) nilai rata-rata (mean) motivasi belajar sebesar 142,363, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,983. Hasil koofesien korelasi hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar
sebesar (0,352) atau 12,39% besar dari taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25788 |