Marfen, Kartika Syeftria (2011) Pemerolehan Kata Bahasa Minangkabau Anak Tahap Praoperasional. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KARTIKA_SYEFTRIA_MARFEN_83528_5100_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KARTIKA_SYEFTRIA_MARFEN_83528_5100_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KARTIKA_SYEFTRIA_MARFEN_83528_5100_2011.pdf
Download (518kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nomina, verba dan adjektiva yang dikuasai anak usia 3;0 tahun, (2) mendeskripsikan kelas kata yang dominan dikuasai anak pada usia 3,0 tahun, (3) mendeskripsikan kata dalam medan makna yang dominan diperoleh anak usia 3,0 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah ujaran seorang anak yang berumur 3;0 tahun yang bernama M. Exshel Azhari. Data dikumpulkan dengan teknik analisis data, yaitu (1) wawancara (2) rekam dan (3) catat. Setelah data terkumpul, dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mentranskripsikan rekaman data ke dalam bahasa tulis, (2) mengidentifikasi data sesuai dengan kelas kata, (3) mengidentifikasi kata sesuai dengan medan maknanya, dan (4) membuat kesimpulan dari hasil deskripsi tersebut. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) anak usia tiga tahun sudah memperoleh jenis nomina, verba, dan adjektiva. Jenis nomina yang diperoleh anak usia tiga tahun adalah jenis nomina menyatakan orang, alat, hasil, dan tumbuhan. Jenis verba yang diperoleh anak usia tiga tahun adalah jenis verba untuk menyatakan perbuatan atau tindakan, proses, keadaan, sedangkan jenis adjektiva yang diperoleh anak usia tiga tahun adalah jenis adjektiva pemberi sifat, warna, dan sikap batin. (2) pemerolehan jenis nomina, verba, dan adjektiva sudah digunakan dengan baik oleh anak usia tiga tahun dalam komunikasi lisan. Subjek penelitian ini tidak hanya mampu mengucapkan kata tersebut, tetapi juga sekaligus mampu memahaminya. (3) subjek penelitian ini berada pada masa praoperasional. Pada masa ini, anak telah mengetahui makna sebenarnya dari kata-kata yang diujarkannya. Anak cendrung mengujarkan kata-kata yang dekat dengan lingkungannya yang berada dalam satu medan makna. (4) subjek penelitian juga berada pada tahap medan makna. Artinya, anak telah dapat mengolongkan benda-benda yang dilihatnya dan dapat pula menggolongkan benda-benda tersebut berdasarkan medan makna masing-masing.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan Kata, Bahasa Minangkabau |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25785 |