Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS di Kelas III SDN 20 Alang Lawas Padang.

Sasriyanti, Rika (2008) Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS di Kelas III SDN 20 Alang Lawas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA SASRIYANTI 81498-08.pdf] Text
final_B1_RIKA SASRIYANTI 81498-08.pdf

Download (180kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dan hasil wawancara terhadap guru di SDN 20 Alang Lawas Padang, pembelajaran IPS selama ini masih bersifat konvensional karena guru tidak pernah menggunakan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 20 Alang Lawas Padang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes (tes awal dan tes akhir tindakan), observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal rata-rata 5,8, tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 6,9, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 8,12. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Hasil Belajar, IPS, PTK, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:16
Last Modified: 26 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25784

Actions (login required)

View Item
View Item