Yangsih, Rika Putri (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs Share (TPS) pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X di SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Rika Putri Yangsih_02018.pdf [thumbnail of final_B1_Rika Putri Yangsih_02018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Rika Putri Yangsih_02018.pdf
Download (426kB)
Abstract
Reaksi oksidasi reduksi merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari di kelas X SMA. Materi ini memiliki banyak konsep yang harus dipahami oleh siswa, di samping itu juga dilengkapi dengan hitung-hitungan yang menuntut siswa aktif dalam mengerjakan latihan atau soal-soal. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang diharapkan dapat mengaktifkan siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS). Model pembelajaran ini dapat mengembangkan potensi siswa, menigkatkan motivasi belajar, berpikir kreatif dan aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran tipe Think Pairs Share (TPS) pada materi reaksi oksidasi reduksi kelas X SMA/MA. Penelitian dilakukan di MAN Lubuk Alung pada smester II tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Group Only Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, sehingga terpilih kelas X.c sebagai kelas eksperimen dan kelas X.a sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk objektif dan data yang diperoleh adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dimana rata-rata kelas eksperimen 74,63 dan kelas kontrol 66,71. Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 95%, didapatkan t hitung = 3,67 dan t i tabel = 1,67, artinya t . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidsi reduksi kelas X di MAN Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Reaksi Redoks, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25783 |