Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/2011

Okprensia, Rika (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA OPRENSIA-46894-2011.pdf] Text
final_B1_RIKA OPRENSIA-46894-2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/ 2011 masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang cendrung satu arah, sehingga siswa kurang aktif dan dapat berakibat buruk pada pencapaian hasil belajar. Guru hendaknya melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran interaktif. Model pembelajaran interaktif dapat mendorong siswa untuk mengkontruksikan pengetahuan dan pemahaman mereka. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran interaktif lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional”?. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran interaktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang. Yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas VIII.1 dengan 37 orang siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII.2 dengan 38 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksprimen adalah 73,51, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 67,03. Dengan menggunakan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas ekeprimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran interaktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 5 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Konvensional, Pendidikan, Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:16
Last Modified: 26 Sep 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25781

Actions (login required)

View Item
View Item