Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 02 Tarandam Kecamatan Padang Timur

Amelia, Rika (2008) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 02 Tarandam Kecamatan Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA AMELIA-81511-2008.pdf] Text
final_B1_RIKA AMELIA-81511-2008.pdf

Download (152kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat menyenangkan apabila guru mampu menciptakan pembelajaran yang berkesan dalam jiwa siswa. Dengan pembelajaran yang menyenangkan maka siswa akan terdorong untuk ikut aktif dalam pembelajaran. Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru harus bisa memilih metode dan model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa. Hal ini bertujuan agar siswa mampu mencapai hasil yang kita tetapkan. Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 02 Tarandam bahwa guru masih banyak menggunakan metode dan model pembelajaran yang sudah sering digunakan. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran yakni Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, serta evaluasi pembelajaran, dan (2) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) rata-rata siswa meningkat dari skor awal pada siklus I yakni 4,9 dan diakhir siklus I meningkat menjadi 6,4. begitu juga dilihat di akhir siklus II yang mana skor dasar yang digunakan merupakan skor akhir siklus I yakni 6,4 dan peningkatan yang terjadi yakni 8.1 untuk rata-rata nilai siswa. Hal ini disebabkan karena siswa dituntut aktif dengan penetapan nomor berbeda tiap anggota kelompok.Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat menyenangkan apabila guru mampu menciptakan pembelajaran yang berkesan dalam jiwa siswa. Dengan pembelajaran yang menyenangkan maka siswa akan terdorong untuk ikut aktif dalam pembelajaran. Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru harus bisa memilih metode dan model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa. Hal ini bertujuan agar siswa mampu mencapai hasil yang kita tetapkan. Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 02 Tarandam bahwa guru masih banyak menggunakan metode dan model pembelajaran yang sudah sering digunakan. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran yakni Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, serta evaluasi pembelajaran, dan (2) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) rata-rata siswa meningkat dari skor awal pada siklus I yakni 4,9 dan diakhir siklus I meningkat menjadi 6,4. begitu juga dilihat di akhir siklus II yang mana skor dasar yang digunakan merupakan skor akhir siklus I yakni 6,4 dan peningkatan yang terjadi yakni 8.1 untuk rata-rata nilai siswa. Hal ini disebabkan karena siswa dituntut aktif dengan penetapan nomor berbeda tiap anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning,Model Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:15
Last Modified: 26 Sep 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item
View Item