Agustia, Kartika (2010) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Teknik Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KARTIKA_AGUSTIA_76905_988_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KARTIKA_AGUSTIA_76905_988_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KARTIKA_AGUSTIA_76905_988_2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam berbicara masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya melakukan praktik dan berlatih dalam berbahasa Indonesia. Selain itu siswa malu untuk berbicara mengeluarkan pendapat, gagasan, ide dan pikirannya tentang sesuatu yang dilihat, dirasakan dan dipikirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan teknik bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sesuai dengan masalah yang ditemui maka penggunaan teknik bercerita diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berkaitan dengan permasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah; (1) hakikat berbicara, (2) tujan dan manfaat keterampilan berbicara, (3) faktor penunjang keefektifan berbicara, (4) teknik bercerita, (5) penilaian berbicara dengan teknik bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Talang Kabupaten Solok dengan jumlah siswa 25 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket, format penilaian berbicara dan alat perekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis hasil berbicara siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat unsure, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian pada masing-masing siklus yaitu siklus I dan siklus II memperlihatkan aktivitas siswa cenderung mengalami peningkatan. Rata-rata hasil berbicara siswa pada akhir siklus pertama yaitu 85,68% pada siklus kedua meningkat menjadi 88,96%. Selanjutnya disimpulkan bahwa pembelajaran berbicara yang dilakukan melalui teknik bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari meningkatnya penilaian berbicara murid mulai dari prasiklus, ke siklus pertama dan siklus kedua. Disamping itu penemuan menunjukkan bahwa teknik bercerita sangat efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Menggunakan Teknik Bercerita |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25771 |