Strategi Belajar Siswa dan Implementasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 9 Padang

Sari, Kartika Adam (2011) Strategi Belajar Siswa dan Implementasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KARTIKA_ADAM_SARI_83235_2011.pdf] Text
final_B1_KARTIKA_ADAM_SARI_83235_2011.pdf

Download (149kB)

Abstract

Keefektifan siswa dalam belajar ditentukan oleh empat unsur pokok yaitu pengembangan sikap dan pandangan yang positif terhadap proses belajar, persiapan yang baik untuk mengikuti proses belajar, menjalani proses belajar dan menyelenggarakan proses pasca belajar. Kenyataan yang peneliti temukan sebagian siswa SMK Negeri 9 Padang belum melaksanakan hal tersebut dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan persiapan belajar siswa SMK Negeri 9 Padang (2). Mendeskripsikan cara-cara belajar siswa SMK Negeri 9 Padang dan (3). Mendeskripsikan implementasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi 445 siswa kelas X dan XI yang terdaftar pada tahun ajaran 2010-2011 dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, sehingga jumlah sampel yaitu 83 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tentang strategi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase kemudian ditafsirkan sesuai dengan kriteria/batasan yang ditentukan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Persiapan belajar siswa SMK Negeri 9 Padang tergolong baik, (2). Cara-cara belajar siswa SMK Negeri 9 Padang tergolong belum baik, (3). Implementasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling yaitu guru pembimbing dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan strategi belajar siswa terutama di SMK Negeri 9 Padang. Berdasarkan temuan penelitian ini maka disarankan kepada kepala sekolah agar lebih mendukung, mendorong dan memfasilitasi kegiatan BK khususnya dalam meningkatkan strategi belajar siswa, selanjutnya guru BK dapat memberikan layanan informasi, penguasaan konten dan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persiapan belajar dan cara belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan khususnya dan mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya. Dalam hal ini guru pembimbing juga dapat bekerjasama dengan berbagai pihak seperti guru mata pelajaran/praktik, orang tua, dan personil sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar, Implementasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:13
Last Modified: 26 Sep 2025 08:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25767

Actions (login required)

View Item
View Item