Indra, Karni (2008) Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Mengikuti Pelajaran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KARNI INDRA.pdf [thumbnail of final_B1_KARNI INDRA.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KARNI INDRA.pdf
Download (80kB)
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, melalui pendidikan di sekolah siswa diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal. Kenyataan di sekolah banyak siswa yang mengalami kesulitan dan tidak bisa berkembang secara optimal, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Keterampilan mengikuti pelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya siswa dalam belajar, berdasarkan pengamatan di sekolah banyak siswa yang tidak terampil, dimana siswa banyak yang tidak mempunyai catatan yang lengkap, siswa tidak berani mengajukan pertanyaan dalam belajar ataupun menjawab pertanyaan guru dan tidak berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya-upaya apa yang dilakukan guru pembimbing dan guru mata pelajaran dalam meningkatkan keterampilan siswa mengikuti pelajaran pada SMA Negeri 7 Padang, yang dirinci sebagai berikut: 1) Mencatat materi pelajaran, 2) Bertanya dan menjawab, 3) mengemukakan pendapat/merespon. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan populasi 83 orang guru, terdiri dari 8 orang guru pembimbing dan 75 orang guru mata pelajaran yang mengajar di SMA Negeri 7 Padang pada tahun ajaran 2008/2009, yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket sedangkan teknik analisa datanya dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan upaya guru pembimbing dan guru mata pelajaran dalam meningkatkan keterampilan siswa mengikuti pelajaran. Dari hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa guru pembimbing dan guru mata pelajaran sudah melakukan upaya dalam meningkatkan keterampilan siswa mencatat materi pelajaran, namun upaya tersebut berada pada kategori cukup, upaya yang dilakukan guru pembimbing dan guru mata pelajaran dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan bertanya dan menjawab juga masih berada pada kategori cukup, kemudian upaya guru pembimbing dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat sudah berada pada kategori baik. Sejalan dengan temuan penelitian itu, peneliti mengharapkan agar guru pembimbing dan guru mata pelajaran meningkatkan lagi upaya untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Meningkatkan Keterampilan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:12 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25761 |