Hubungan Hasil Belajar Media Pendidikan dan Metoda Mengajar Khusus dengan Kemampuan Melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Afrianti, Rien (2012) Hubungan Hasil Belajar Media Pendidikan dan Metoda Mengajar Khusus dengan Kemampuan Melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIEN_AFRIANTI_65465_1238_2012.pdf] Text
final_B1_RIEN_AFRIANTI_65465_1238_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan hasil belajar media pendidikan (X 1 ) dan metoda mengajar khusus (X ) dengan kemampuan melaksanakan praktek lapangan kependidikan (Y) mahasiswa program studi pendidikan teknik elektro di fakultas teknik UNP. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan teknik elektro angkatan 2005 – 2007 yang berjumlah 31 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil belajar media pendidikan, metoda mengajar khusus I dan II, serta nilai praktek lapangan kependidikan, dengan metode penelitian korelasional dan untuk menguji hipotesis digunakan Uji t. 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang sangat rendah antara hasil belajar media pendidikan dengan kemampuan mahasiswa melaksanakan praktek lapangan kependidikan dengan nila r = 0,143, jika dihitung kontribusinya didapatkan 2,0449 %; (2) terdapat hubungan yang cukup kuat antara hasil belajar metoda mengajar khusus dengan kemampuan mahasiswa melaksanakan praktek lapangan kependidikan dengan nilai r x1.y = 0,508, jika dihitung kontribusinya didapatkan 25,8 %; (3) hasil belajar media pendidikan dan metoda mengajar khusus secara bersama-sama berhubungan cukup kuat dengan kemampuan mahasiswa melaksanakan praktek lapangan kependidikan dengan nilai R = 0,519, jika dihitung kontribusinya didapatkan 27 %. Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t x1.x2.y hitung < t x2.y (0,78 < 2,045) sehingga H a ditolak, sedangkan hipotesis kedua diperoleh nilai t tabel (3,186 > 2,045) sehingga H a hitung diterima, selanjutnya hipotesis ketiga diperoleh nilai F sebesar 5,17, oleh karena nilai F hitung > F tabel (5,17 > 3,305) maka H diterima. Berdasarkan temuan ini, jika dilihat hubungan kedua variabel bebas dengan variabel terikat secara bersama-sama menunjukan hubungan yang cukup besar, Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan praktek lapangan kependidikan, diperlukan perencanaan dan pengembangan yang terpadu antara media pendidikan, metoda mengajar khusus dan praktek lapangan kependidikan. Disamping itu perlu adanya penelitian lanjutan berkaitan dengan faktor-faktor yang dominan yang dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan praktek lapangan kependidikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pendidikan, metode mengajar khusus, praktek lapangan, hasil belajar, mahasiswa teknik elektro
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:12
Last Modified: 26 Sep 2025 08:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item
View Item