Elida, Karmi (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Bowling Kampus Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA N 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KARMI_ELIDA_73609_4525_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KARMI_ELIDA_73609_4525_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KARMI_ELIDA_73609_4525_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA N 1 Lembah Gumanti. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas siswa seperti membaca, mengeluarkan pendapat, menanggapi pendapat teman dan menjawab pertanyaan guru. Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha dari guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa antara lain guru hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Adapun cara yang dapat membantu peningkatan aktivitas belajar siswa adalah melalui penerapan Strategi Bowling Kampus. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah penerapan strategi Bowling Kampus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IS-4 SMA N 1 Lembah gumanti. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa, sedangkan alat pengumpul data berupa ceklis. Teknis analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif porsentase dengan rumus P= (f / N) x 100. Subjek penelitian adalah kelas XI IS-4 SMA N 1 Lembah Gumanti tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 27 orang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal itu dapat dilihat berdasarkan instrumen aktivitas belajar siswa yang diamati pada setiap pertemuan. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus kedua lebih baik bila dibandingkan dengan silklus pertama. Ratarata persentase aktivitas belajar siswa yang mendukung keberhasilan belajar pada siklus pertama adalah 64,42 % sedangkan pada siklus kedua adalah 83,9 %, berarti mengalami peningkatan sebesar 19,48 %. Dari 10 indikator aktivitas belajar siswa yang mendukung keberhasilan belajar, pada siklus pertama aktivitas siswa seperti mengeluarkan pendapat dan menanggapi pendapat teman belum terlaksana dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus kedua masing-masing terlaksana dalam kategori baik dan baik sekali. Sedangkan 2 indikator aktivitas siswa yang menghambat keberhasilan belajar juga mengalami penurunan Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan starategi Bowling Kampus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di kelas XI IS SMA N 1 Lembah Gumanti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Aktivitas Belajar, Penerapan Strategi Bowling |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25757 |