Sandro, Rido (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran i IPA Dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIDO_SANDRO_90709_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIDO_SANDRO_90709_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIDO_SANDRO_90709_2011.pdf
Download (196kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dalam pembelajaran IPA, yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dengan materi sifatsifat cahaya dapat dilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa pembelajaran IPA sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukan dengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencari tahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPA melalui metode inkuiri di kelas V SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Nilai ketuntasan belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa siklus I dengan rata-rata kognitif 65%, afektif 73%, psikomotor76% dan pada siklus II rata-rata kognitif 94%, efektif 82,25% dan psikomotor 84,21%. Selain itu, siswa telah terlatih untuk mencari tahu, mengujicobakannya di dalam kelompok belajar dan kemudian mengkomunikasikannya kepada teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode inkuiri, hasil belajar IPA, PTK, siswa SD, pembelajaran aktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25756 |