Kurnia, Rido (2011) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 22 Andalas Kecamatan Padanga Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIDO_KURNIA_83314_3607_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIDO_KURNIA_83314_3607_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIDO_KURNIA_83314_3607_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran Perkalian Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Andalas Kecamatan Padanga Timur Kota Padang masih bersifat konvensional. Untuk meningkat hasil belajar siswa, maka peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran perkalian pecahan dengan pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar perkalian pecahan dengan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Negeri 22 Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang yang berjumlah sebanyak 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Dari hasil penelitian siklus I pertemuan 1 persentase yang dipeloleh pada aspek kognitif 60% dengan persentase ketuntasan 65%, aspek afektif 59% dan aspek psikomotor 70%. Siklus I pertemuan 2 aspek kognitif 65% dengan persentase ketuntasan 75%, aspek afektif 61%, dan aspek psikomotor 70%.Pada siklus II sudah terjadi peningkatan, dimana pada siklus II pertemuan 1 persentase nilai hasil belajar siswa pada aspek kognitif 66% dengan persentase ketuntasan 80%, aspek afektif 78% dan aspek psikomotor 87%. Pada siklus II pertemuan 2 aspek kognitifnya 76% dengan persentase ketuntasan 90%. Aspek afektif 84% dan aspek psikomotor 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar Perkalian Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 22 Andalas Kecamatan Padanga Timur Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL, perkalian pecahan, hasil belajar, matematika, siswa SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25755 |