Fitriani, Ridha (2012) Penyusunan Modul Pembelajaran Asam Basa Berbahasa Inggris untuk Kelas XI R-SMA-BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIDHA FITRIANI_05115.pdf [thumbnail of final_B1_RIDHA FITRIANI_05115.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIDHA FITRIANI_05115.pdf
Download (541kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa modul berbahasa Inggris pada materi asam basa dan menguji kelayakannya pada pembelajaran kimia di kelas RSBI. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa kelas XI IPA 5 R-SMA-BI 1 Lubuk Alung, mahasiswa program ISTE (International Standard Teacher Education) jurusan Kimia Universitas Negeri Padang, dan guru kimia R-SMA-BI 1 Lubuk Alung. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi pernyataan tentang isi, bentuk, motivasi, dan kepraktisan. Angket dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis angket, untuk angket guru dan mahasiswa diperoleh nilai kelayakan 4,40 dan untuk siswa 4,30. Selain itu juga dianalisis tingkat pemahaman siswa pada lembaran kegiatan siswa sebesar 90,02% yang menyatakan siswa dapat memahami materi yang terdapat dalam modul dengan baik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa modul asam basa berbahasa Inggris sangat layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran kimia di R-SMA-BI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Berbahasa Inggris, R-SMA-BI, Uji Kelayakan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25742 |