Riddianto, Riddianto (2011) Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru IPS Terpadu di SMP Negeri Kecamatan Pariangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIDDIANTO_79427_2508_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIDDIANTO_79427_2508_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIDDIANTO_79427_2508_2011.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis persepsi siswa tentang variasi suara guru IPS Terpadu, 2) untuk menganalisis persepsi siswa tentang pemusatan perhatian guru IPS Terpadu, 3) untuk menganalisis persepsi siswa tentang kesenyapan atau waktu tunggu yang diberikan guru IPS Terpadu, 4) untuk menganalisis persepsi siswa tentang kontak pandang guru IPS Terpadu, 5) untuk menganalisis persepsi siswa tentang mimic dan gerak badan guru IPS Terpadu dan 6) untuk menganalisis persepsi siswa tentang posisi guru IPS Terpadu didalam kelas di SMP N Kecamatan Priangan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mempunyai populasi yaitu siswa SMP Negeri Kecamatan Pariangan sebanyak 720 orang. Penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin dari total populasi, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang menggunakan skala likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru IPS Terpadu di SMP Negeri Kecamatan Pariangan maka dapat disimpulkan bahwa dari 88 siswa menyatakan bahwa guru IPS Terpadu dalam mengadakan variasi gaya mengajar dalam pelaksanaan proses belajar mengajar memiliki tingkat capaian responden dengan kriteria kurang baik yaitu sebanyak 55 siswa (62.92%) dan total skor rata-rata 3,15. Kemudian lebih lanjut dapat diuraikan per indikator yaitu dari 88 siswa menyatakan bahwa pemusatan perhatian guru IPS Terpadu sebanyak 70 siswa (79,89%), penggunaan variasi suara guru IPS Terpadu sebanyak 58 siswa (66,20%), penggantian posisi guru IPS Terpadu dalam kelas sebanyak 51 siswa (58,41%), kontak pandang guru IPS Terpadu dengan siswa sebanyak 51 siswa (58,24%), kesenyapan atau waktu tunggu yang diberikan guru IPS Terpadu sebanyak 51 siswa (57,65%), dan mimic dan gerak badan guru IPS Terpadu di dalam kelas sebanyak 50 siswa (57,12%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa; Gaya mengajar; Guru IPS Terpadu; Variasi suara; Pemusatan perhatian; Kontak pandang; Mimic dan gerak badan; Stratified random sampling; Skala Likert |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25741 |