Septriyani, Septriyani (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Rangkuman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPTRI_YANI_79692_1779_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPTRI_YANI_79692_1779_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPTRI_YANI_79692_1779_2011.pdf
Download (317kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal berikut (1)
hakikat membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang
Pariaman, (2) hakikat membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Batang Gasan Kab. Padang Pariaman, (3) hakikat menulis rangkuman siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang Pariaman, dan (4) hubungan
antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis
rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan
secara sistematis, faktual, dan akutat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta
hubungan antarfenomena yang diselidiki. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang Pariaman yang terdaftar
pada tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 31 orang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut.
Pertama, hubungan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang
Gasan kab. Padang Pariaman berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata
61,83. Kedua, kemampuan menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Batang Gasan Kab. Padang Pariaman berada pada kualifikasi hampir cukup
dengan nilai rata-rata 49,35. Ketiga, terdapat hubungan antara kemampuan
membaca pemahaman dengan kemampuan menulis rangkuman siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang Pariaman, dengan thitung yang diperoleh
adalah 2,44 dari ttabel 1,70 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel.
Relevan dengan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan dua
hal. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Batang Gasan Kab. Padang Pariaman perlu ditingkatkan. Kedua, kemampuan
menulis rangkuman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Gasan Kab. Padang
Pariaman perlu ditumbuh kembangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:06 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25732 |