Karlina, Karlina (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kontekstual untuk Konsep Tekanan di SMP Kelas VIII Semester 2. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KARLINA-84092-2011.pdf [thumbnail of final_B1_KARLINA-84092-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KARLINA-84092-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran IPA fisika di sekolah diharapkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap gejala alam yang dilakukan dengan cara observasi dan eksperimen, sehingga salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran fisika adalah pendekatan kontekstual. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah terdapat keterbatasan pada perangkat pembelajaran yang sudah ada. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran IPA fisika yang dimaksudkan untuk mengatasi keterbatasan perangkat pembelajaran yang sudah ada, terutama perangkat pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R&D) dan difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis kontekstual untuk konsep tekanan. Perangkat pembelajaran yang telah dibuat divalidasi dan dilanjutkan dengan uji terbatas pada siswa kelas VIII SMPN 4 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar respon guru dan siswa, serta instrumen hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik deskriptif, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain perangkat pembelajaran sangat valid dengan nilai kevalidan 93,91% dalam rentang (1-100)%. Penggunaan perangkat pembelajaran sangat praktis dengan persentase kepraktisan 90,75% dalam rentang (1-100)%. Penelitian menunjukkan bahwa desain perangkat pembelajaran yang disusun efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk konsep tekanan yang ditandai oleh peningkatan hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, IPA Fisika Berbasis Kontekstual |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 08:05 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25724 |