Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Proses Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

Kamsana, Kamsana (2009) Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Proses Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KAMSANA_91094_07_2009.pdf] Text
final_B1_KAMSANA_91094_07_2009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Proses Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Field Research yaitu penelitian yang menemukan fenomena di lapangan. Populasi penelitian adalah seluruh Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota yangberjumlah 29 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan cara total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik dan alat pengumpulan data dengan cara angket dan wawancara untuk mengukur indikator perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Penjasorkes. Hasil penelitian menyebutkan : 1). Persepsi kepala sekolah terhadap perencanaan proses pembelajaran Penjasorkes dapat dikategorikan cukup baik. Ini dilihat dari hasil jawaban kepala sekolah yang menyatakan jawaban Sangat Setuju sebesar 26,05 %, yang menyatakan jawaban Setuju sebesar 24,14 %, yang menyatakan Tidak Setuju sebesar 37,93 % dan yang menyatakan Sangat Tidak Setuju sebesar 11,88 %. 2). Persepsi kepala sekolah terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Penjasorkes dapat dikategorikan cukup baik. Ini dilihat dari hasil jawaban kepala sekolah yang menyatakan jawaban Sangat Setuju sebesar 40,80 %, yang menyatakan jawaban Setuju sebesar 37,93 %, yang menyatakan Tidak Setuju sebesar 12,93 % dan yang menyatakan Sangat Tidak Setuju sebesar 8,33 %. 3). Persepsi kepala sekolah terhadap evaluasi proses pembelajaran Penjasorkes dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dilihat dari hasil jawaban kepala sekolah yang menyatakan jawaban Sangat Setuju sebesar 34,48 %, yang menyatakan jawaban Setuju sebesar 12,93 %, yang menyatakan Tidak Setuju sebesar 33,62 % dan yang menyatakan Sangat Tidak Setuju sebesar 18,97 %. Untuk menghasilkan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi baik, perlu ditingkatkan lagi kerajinan, keseriusan dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kepala Sekolah, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:03
Last Modified: 26 Sep 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item
View Item