Pengaruh Tugas Rumah Membuat Pertanyaan Beserta Jawabannya pada Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Alamanda Kinali

Paryanti, Paryanti (2012) Pengaruh Tugas Rumah Membuat Pertanyaan Beserta Jawabannya pada Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Alamanda Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PARYANTI_5189.pdf] Text
final_B1_PARYANTI_5189.pdf

Download (772kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah
Alamanda Kinali disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktornya adalah pada
proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab,
sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar, karena siswa merasa bosan dengan
pola pembelajaran yang monoton. Selain itu, guru belum melibatkan siswa secara
langsung dalam proses pembelajaran. Pemberian tugas rumah membuat
pertanyaan beserta jawabannya pada strategi pembelajaran aktif teknik giving
question and getting answer (GQGA) diharapkan dapat merangsang keaktifan dan
dapat memacu motivasi belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas
rumah membuat pertanyaan beserta jawabannya pada strategi pembelajaran aktif
teknik giving question and getting answer (GQGA) terhadap hasil belajar biologi
siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Alamanda Kinali.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Static
Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII MTs
Muhammadiyah Alamanda Kinali. Sampel diambil dengan teknik saturation
sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif
sebanyak 40 buah yang telah diuji cobakan. Teknik analisis data yang dipakai
adalah uji t.
Berdasarkan uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05)
didapatkan harga thitung 2,42 dan harga ttabel 1,67 (thitung>ttabel). Dengan demikian,
hipotesis kerja dapat diterima pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pemberian tugas rumah membuat pertanyaan beserta
jawabannya pada strategi pembelajaran aktif teknik giving question and getting
answer (GQGA) terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VII MTs
Muhammadiyah Alamanda Kinali

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:50
Last Modified: 26 Sep 2025 03:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25718

Actions (login required)

View Item
View Item