Marjoni, Hendra (2009) Hubungan Penerapan Peraturan Sekolah dengan Hasil Belajar: Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENDRA_MARJONI_46510_04_09.pdf [thumbnail of final_B1_HENDRA_MARJONI_46510_04_09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENDRA_MARJONI_46510_04_09.pdf
Download (224kB)
Abstract
Belajar akan lebih berhasil jika diikuti dengan penerapan peraturan dan tata tertib
yang berlaku oleh siswa dengan baik. Siswa yang mampu menerapkan peraturan sekolah
dengan baik berkemungkinan besar memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang tidak mampu menerapkan peraturan sekolah dengan baik.
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana hubungan penerapan
peraturan sekolah oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti dengan hasil
belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembah Gumanti
tahun ajaran 2008/2009 berjumlah 236 orang siswa. Sedangkan sampelnya diambil
menggunakan teknik Proposionate stratified Random Sampling yaitu pengambilan
sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional. Berdasarkan
teknik ini diperoleh sampel sebanyak 160 orang siswa, yang terdiri dari empat kelas,
yaitu: XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1 dan XI IPS 2. Jenis penelitian ini adalah deskriptifkorelasional.
Instrumen yang digunakan adalah angket dan data diolah menggunakan
program statistical product and service solution (SPSS) versi 12.00, serta dengan analisis
korelasi pearson
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) penerapan peraturan belajar oleh
siswa yang tergolong dalam kategori baik adalah 38,4%, cukup 45,5% dan kurang 16,1%,
penerapan peraturan berpakaian oleh siswa yang tergolong dalam kategori baik adalah
39,4%, cukup 44,4% dan kurang 16,2%, penerapan peraturan tentang lingkungan sekolah
oleh siswa yang tergolong dalam kategori baik adalah 30,3%, cukup 46,5% dan kurang
23,2%, penerapan peraturan moral oleh siswa yang tergolong dalam kategori baik adalah
41,4%, cukup 43,4% dan kurang 15,2%, penerapan peraturan sekolah oleh siswa yang
tergolong dalam kategori baik adalah 33,3%, cukup 47,5% dan kurang 19,2%. (2) hasil
belajar siswa yang tergolong baik adalah sebesar 29,3%, cukup 37,4% dan kurang 33,3%.
(3) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan peraturan belajar oleh siswa
dengan hasil belajar, di mana r hitung = 0,530 dan r tabel = 0,195, terdapat hubungan yang
signifikan antara penerapan peraturan berpakaian oleh siswa dengan hasiol belajar, di
mana r hitung = 0,491 dan r tabel = 0,195, terdapat hubungan yang signifikan antara
penerapan peraturan tentang lingkungan sekolah oleh siswa dengan hasil belajar, di mana
r hitung = 0,587 dan r tabel = 0,195, terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan
peraturan moral oleh siswa dengan hasil belajar, di mana r hitung = 0,454 dan r tabel =
0,195, terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan peraturan sekolah oleh siswa
dengan hasil belajar siswa, di mana r hitung = 0,603 dan r tabel = 0,195.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara
penerapan peraturan belajar dengan hasil belajar, penerapan peraturan berpakaian dengan
hasil belajar, penerapan peraturan tentang lingkungan sekolah dengan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:48 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25714 |