Hubungan Kemampuan Memahami Teks Drama dengan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman

Sari, Septya Permata (2014) Hubungan Kemampuan Memahami Teks Drama dengan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SEPTYA_PERMATA_SARI_12086_1016_2014.pdf] Text
final_B1_SEPTYA_PERMATA_SARI_12086_1016_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga fenomena, yaitu: (1) rendahnya minat siswa
terhadap membaca khususnya membaca teks drama, (2) siswa kurang terampil dalam
memahami teks drama, dan (3) rendahnya kemampuan menulis naskah drama terutama
dalam mengembangkan ide cerita.
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan memahami
teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan kemampuan
menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan
hubungan kemampuan memahami teks drama dan kemampuan menulis naskah drama siswa
kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman yang
berjumlah 232 orang siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah 15%
dari jumlah siswa. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes
unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahami teks
drama dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis naskah drama.
Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal
berikut. Pertama, kemampuan memahami teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Pariman berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 75,05. Kedua,
kemampuan menulis naskah drama kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada
kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 82,76. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan
terhadap kemampuan memahami teks drama dengan menulis naskah drama siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Pariaman. Hubungan antara kemampuan memahami teks drama dengan
kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman adalah 0,29
dengan thitung > ttabel (1,77 > 1,70). Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara kemampuan
memahami teks drama dengan kemampuan menulis naskah drama, dan besarnya hubungan
kedua variabel tersebut adalah 0,29.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diajukan saran sebagai berikut. Pertama,
siswa hendaknya dapat melatih diri agar lebih menguasai pemahaman tentang teks drama
dengan cara rajin membaca. Kedua, siswa agar dapat meningkatkan lagi kemampuan menulis
naskah drama dengan cara rajin berlatih menulis naskah drama. Ketiga, guru bahasa
Indonesia SMP Negeri 4 Pariaman agar dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif
kepada siswa untuk membaca pemahaman teks drama dan menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:47
Last Modified: 26 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25706

Actions (login required)

View Item
View Item