Ernando, Juwita (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan Struktur Utama Tumbuh-Tumbuhan Tentang Akar Melalui Pemanfaatn Sumber Daya Alam Sekitar Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C SLB Fan Redha Padang: Quasi Eksperiment di Kelas DIII/C SLB Fan Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JUWITA_ERNANDO_83054_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JUWITA_ERNANDO_83054_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JUWITA_ERNANDO_83054_2011.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis dalam pembelajaran IPA di kelas DIII/C SLB Fan Redha Padang tentang pengenalan struktur utama tumbuhtumbuhan, dalam pembelajaran tersebut guru menjelaskan materi pelajaran dan tidak menggunakan media, suasana kelas terlihat monoton dan anak merasa cepat bosan. Hal itu membuat hasil belajar pengenalan struktur tumbuh-tumbuhan menjadi rendah. Ketika peneliti mencoba menanyakan kepada anak tentang pengenalan akar, anak tunagrahita belum bisa menunjukan secara keseluruhan mana yang akar, membedakan akar tunggang dan akar serabut. Sehingga dalam proses pembelajaran anak memerlukan metode yang tepat, selain meningkatkan hasil belajar juga dapat mengatasi kebosanan pada anak saat belajar. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengenalan struktur utama tumbuh-tumbuhan tentang akar melalui pemanfaatan sumber daya alam di sekitar bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C SLB Fan Redha Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Ekperiment dengan desain matching pra-test control group desing (desain kelompok control pre-test-postest berpasangan). Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas DIII/C di SLB Fan Redha Padang yang berjumlah delapan orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal objektif sebanyak 10 buah yang dibacakan secara lisan, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji U Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, U hit = 1 dan pada taraf signifikan 95% atau alfa=0,05 diperoleh U tab = 0 untuk n=8. Berdasarkan hasil tersebut maka kriteria pengujian U hit > Utab, diterima, artinya Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan sumber daya alam sekitar lebih efektif dalam meningkatkan hasil pengenalan struktur utama tumbuh-tumbuhan tentang akar bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C SLB Fan Redha Padang. Maka dari itu penulis menyarankan kepada guru untuk memilih metode yang sesuai dengan karakteristik anak dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pengenalan Struktur Utama Tumbuh-Tumbuhan Tentang Akar Melalui Pemanfaatn Sumber Daya Alam Sekitar Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C SLB |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:46 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25702 |