Ikhwan, Paiman (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PAIMAN_IKHWAN_90798_2893_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PAIMAN_IKHWAN_90798_2893_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PAIMAN_IKHWAN_90798_2893_2011.pdf
Download (315kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan
pengamatan peneliti pada tanggal 3 Maret 2011 ditemukan hasil belajar IPA siswa
masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat
kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan,refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Subjek peneliti adalah guru,
peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses
(afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambu lembaran
pengamatan penggunaan pendekatan konstruktivisme dari aspek guru dan siswa.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis dengan
menggunakan penilaian dengan tolok ukur keberhasilan kelas minimal 70%. Hasil
belajar siswa, dan hasil penilaian RPP dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata
siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 55 atau tingkat kelulusan 12,5 % dan pada
siklus II rata-rata 82 atau tingkat kelulusan 87,5% jadi mengalami peningkatan 75%.
Hasil penilaian RPP pada siklus I rata-rata 56,5% dan pada siklus II 92,5% atau
meningkat 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA
dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan kota
Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN KONTRUKTIVISME |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25696 |