Saputra, Hendra (2011) Kontribusi Pemanfaatan Pustaka Digital dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENDRA SAPUTRA-94279-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HENDRA SAPUTRA-94279-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENDRA SAPUTRA-94279-2011.pdf
Download (771kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMA Negeri 3 Padang Panjang, masih banyaknya siswa kelas
X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata
pelajaran tehnologi informasi dan komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkap besarnya kontribusi pemanfaatan pustaka digital dan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas XI di
SMA Negeri 3 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional.
Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder.
Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden
mengenai pemanfaatan dan motivasi belajar siswa, sedangkan data sekunder
adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran teknologi
informasi dan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di
SMA Negeri 3 Padang Panjang sebanyak 166 orang siswa. Sedangkan teknik
pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik acak (random sampling). Sampel
dalam penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Padang Panjang dengan
menggunakan rumus Taro Yomane adalah 63 orang siswa. Data dianalisis dengan
menggunakan Program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 17.0.
Dari hasil penelitian terhadap siswa kelas X didapatkan (1)pemanfaatan pustaka
digital memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 23.33% (X1) dan (2)
Motivasi Belajar (X2) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar
30.80% dan (3) Besarnya persentase sumbangan variabel pemanfaatan pustaka
digital (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar
(Y) adalah sebesar 31.81%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pustaka Digital, Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Deskriptif Korelasional Dan Spss v17. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25691 |