Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi

Nadia, Reda Kasih (2021) Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Reda_Kasih_Nadia_17016039_2890_2021.pdf] Text
B1_01_Reda_Kasih_Nadia_17016039_2890_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai
berikut. Pertama, mendeskripsikan jumlah lagu yang bernada religi dari Chrisye.
Kedua, mendeskripsikan nilai religius yang ada dalam lagu tersebut. Ketiga,
mendeskripsikan hubungan implikasi nilai religius dalam lagu ke pembelajaran
teks puisi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah dari lirik, bahasa, dan nilai religius yang terkandung dalam lagu
tersebut. Bahasa dalam lirik lagu didengar, disimak dan ditulis dalam format
lapangan dalam penelitian yang telah peneliti siapkan. Kemudian peneliti
menganalisis hasil temuan yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ada tiga.
Pertama, peneliti menemukan terdapat tiga jumlah lagu yang bernada religi dalam
kumpulan lagu Chrisye. Kedua, peneliti dapat mendeskripsikan nilai religius yang
terkandung dalam kumpulan lagu bernada religi. Ketiga, peneliti dapat
mendeskripsikan dan menemukan hubungan dari kumpulan lagu Chrisye dengan
pembelajaran teks puisi. Penilaian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
mencakup tiga jenis, yaitu penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, dan
keterampilan. Berdasarkan hasil analisis Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi
dan Implikasinya dalam Pembelajaran Puisi ditemukan tiga hal sebagai berikut.
(1) Kegiatan penganalisisan dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk kompetensi
dasar yang berkaitan dengan penilaian pengetahuan (pemahaman) dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (2) Kegiatan menemukan dapat
dijadikan sebagai bahan ajar untuk kompetensi dasar yang berkaitan dengan
penilaian sikap dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru harus
memperhatikan sikap peserta didik terhadap karya sastra yang telah dibaca.
Terjadinya perubahan atau tidak pada sikap peserta didik setelah membaca,
mendengarkan atau memahami karya sastra merupakan bentuk implikasi dalam
pembelajaran untuk komptensi dasar yang berkaitan dengan penilaian sikap. (3)
Kegiatan penerapan dalam Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan
Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi kepada peserta didik dapat
dijadikan bahan ajar untuk kompetensi dasar yang berkaitan dengan penilaian
keterampilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dari kumpulan lagu
Chrisye bernada religi ada hubungannya terhadap pembelajaran teks puisi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:44
Last Modified: 26 Sep 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25689

Actions (login required)

View Item
View Item