Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto

Silvia, Serli (2011) Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SERLI_SILVIA_72253_2011.pdf] Text
final_B1_SERLI_SILVIA_72253_2011.pdf

Download (176kB)

Abstract

Berdasarkan temuan di lapangan, pembelajaran IPS khususnya mata
pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 X Koto kurang optimal. Guru
yang kurang inovatif dalam merancang kegiatan pembelajaran Sosiologi
menjadikan pembelajaran berfokus kepada guru , sehingga kegiatan pembelajaran
juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa secara aktif. Sehubung
dengan permasalahan tersebut di atas maka peneliti maka peneliti melakukan
penelitian mengenai strategi belajar aktif tipe Group to Group Exchange (GGE).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi belajar
aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) pada mata pelajaran Sosiologi Kelas
XI di SMA Negeri 1 X Koto tahun ajaran 2010/1011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasy
Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN I
X Koto tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan sampel yang
berjumlah 46 orang. Alat untuk pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan melakukan tes, dan teknik analisis data menggunakan
uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,65 lebih
tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 68,52. Berdasarkan perhitungan t-tes diperoleh
t hitung 2,0981, sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 harga t tabel 2,021, harga t
hitung > t tabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar aktif tipe
Group To Group Exchange (GGE) efektif diterapkan dan dapat pula
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS
SMA N 1 X Koto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:43
Last Modified: 26 Sep 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25685

Actions (login required)

View Item
View Item