Pengaruh Genius Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Koloid di SMAN 2 Payakumbuh

Yudhistira, Lya (2011) Pengaruh Genius Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Koloid di SMAN 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LYA YUDHISTIRA_86326_2011.pdf] Text
final_B1_LYA YUDHISTIRA_86326_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu bimbingan yang diberikan kepada anak didik. Sebagai seorang pendidik guru bertugas mencari cara agar dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan siswa dalam belajar adalah strategi Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Genius Learning berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan dan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Payakumbuh tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas sampel yang dilihat dari skor tes awal (pretest) dan skor tes akhir (posttest). Dari hasil penelitian terlihat bahwa thitung > ttabel , maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Genius Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Sistem Koloid di SMAN 2 Payakumbuh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GENIUS LEARNING, HASIL BELAJAR KIMIA KOLOID
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:41
Last Modified: 26 Sep 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25679

Actions (login required)

View Item
View Item