Jusni Z, Jusni Z (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi dengan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JUSNI_Z_51233_570_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JUSNI_Z_51233_570_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JUSNI_Z_51233_570_2011.pdf
Download (171kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan antaranya, (1) kurangnya wawasan siswa terhadap paragraf eksposisi, (2) siswa belum mampu menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk paragraf eksposisi, (3) belum tepatnya pemilihan metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode pembelajaran kontekstual teknik pemodelan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan konteksual teknik pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa SMP negeri 3 Payakumbuh dengan teknik pemodelan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Payakumbuh yang berjumlah 43 orang. Data diperoleh melalui pelaksanaan tindakan kelas sebanyak dua siklus. Dari siklus I diketahui bahwa jumlah siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 sebanyak 34,88% dan 65,12% belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kemudian jumlah siswa yang memperhatikan dan merespon dengan antusias terhadap aktivitas PBM sebanyak 81,39%, siswa yang berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi kelompok sebanyak 58,74%, siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan sebanyak 58,14%, siswa yang aktif dalam bertanya sebanyak 48,84%, dan siswa yang merespon positif (senang) terhadap PBM sebanyak 69,77%. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Jumlah yang telah mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 97,67% dan yang belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 2,33%. Untuk siswa yang memperhatikan dan merespon dengan antusias terhadap aktivitas PBM sebanyak 95,35%, siswa yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi kelompok sebanyak 81,40%, siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebanyak 90,70%, siswa yang aktif bertanya sebanyak 81,40%, dan siswa yang merespon positif (senang) terhadap PBM sebanyak 93,02%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran teknik pemodelan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf eksposisi mengalami peningkatan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi, Teknik Pemodelan |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:39 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25674 |