Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Gambar dan Peta Konsep dalam Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 2 SMAN 1 Sitiung Tahun Pelajaran 2009/2010

Dwiningsih, Lusian Padmaji (2010) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Gambar dan Peta Konsep dalam Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 2 SMAN 1 Sitiung Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LUSIAN_PADMAJI_DWININGSIH_77459_89_2010.pdf] Text
final_B1_LUSIAN_PADMAJI_DWININGSIH_77459_89_2010.pdf

Download (161kB)

Abstract

Di SMAN 1 Sitiung strategi pembelajaran langsung didominasi dengan metode ceramah, sehingga siswa hanya mendengar, mencatat, dan sedikit bertanya tanpa diberi kesempatan mengalami sendiri proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dari materi pelajaran biologi, sehingga nilai rata-rata biologi siswa masih di bawah KKM. Untuk mengatasi hal ini guru sebagai faktor penting dalam pembelajaran biologi sebaiknya mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, membangkitkan antusiasme siswa untuk belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar biologi adalah dengan penggunaan LKS berbasis gambar dan peta konsep dalam pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis gambar dan peta konsep dalam pembelajaran langsung terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X semester 2 SMAN 1 Sitiung tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sitiung. Pengambilan sampel secara simple random sampling sehingga didapatkan kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes berupa pilihan ganda. Analisis data dengan menggunakan uji t dengan kriteria: diterima hipotesis kerja jika thitung > t tabel . Uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh t hitung 2,068 dan t tabel 1,66 dengan derajat kebebasan 68, yang berarti t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbasis gambar dan peta konsep dalam pembelajaran langsung memberikan pengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X semester 2 SMAN 1 Sitiung tahun pelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS BERBASIS GAMBAR, PETA KONSEP, PEMBELAJARAN LANGSUNG, HASIL BELAJAR BIOLOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:36
Last Modified: 26 Sep 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25671

Actions (login required)

View Item
View Item