Jusmaniar, Jusmaniar (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas III SD 06 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JUSMANIAR-71089-2009.pdf [thumbnail of final_B1_JUSMANIAR-71089-2009.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JUSMANIAR-71089-2009.pdf
Download (97kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar di kelas III SD 06 Simpang Haru Kecamaran Padang Timur. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas subjek penelitian adalah siswa kelas III SD 06 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman opservasi Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran melalui media gambar menunjukkan peningkatan 92% dari 68% jadi dapat disimpulkan msetiap siklus yang dilalui pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 73,2 dan persentase ketuntasannya 68%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajarnya 81,1 dan persentase jadi dapat disimpulkan melalui media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD 06 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25670 |