Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN I X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Junilawati, Junilawati (2011) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN I X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUNILAWATI_79532_4399_2011.pdf] Text
final_B1_JUNILAWATI_79532_4399_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN I X Koto Singkarak masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya masih kurangnya disiplin siswa dalam proses pembelajaran, seperti: mentaati aturan dalam kegiatan belajar, bertanggung jawab mengerjakan tugas dan ujian, dan perhatian dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN I X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian Expost facto. Teknik pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN I X Koto Singkarak yang berjumlah 93 0rang dengan sampel penelitian menggunakan teknik Proporsional random sampling sebanyak 48 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan variabel disiplin belajar siswa dalam proses pembelajaran sosiologi adalah sebagai berikut: a) Mentaati aturan dalam kegiatan belajar, diperoleh r hitung = 0,369 > r = 0,285, b) Bertanggung jawab mengerjakan tugas dan ujian, diperoleh r hitung tabel = 0,345 > r = 0,285, dan c) Perhatian dalam kegiatan belajar diperoleh r hitung = 0,400 > r = 0,285. Jadi berdasarkan hasil temuan terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa, karena r tabel < r hitung maka hipotesis nol (H ) ditolak dan (H 1 ) diterima. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa disiplin dalam pembelajaran sosiologi adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, siswa perlu meningkatkan disiplin belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:06
Last Modified: 26 Sep 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25662

Actions (login required)

View Item
View Item