Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Juniar, Juniar (2011) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUNIAR_90304_1243_2011.pdf] Text
final_B1_JUNIAR_90304_1243_2011.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Kegiatan pembelajaran selama ini hasil kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa hanya bersifat pasif, yaitu duduk diam dan hanya mencatat apa yang dibacakan guru, sehingga hasil belajar siswa juga menjadi rendah. Pelaksanaan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa belajar secara aktif, kreatif, siswa dapat berkolaborasi secara demokratif dengan teman sekelompoknya tanpa membedakan latar belakang temannya. Penggunaan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah format pengamatan, pedoman wawancara dan perangkat alat ukur kemampuan (penilaian proses dan penilaian hasil). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 68 dan siklus II 77,25. Hal ini disebabkan karena aktivitas yang dilakukan siswa dan guru kearah yang lebih baik, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD No. 21 Teluk Nibung Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:06
Last Modified: 26 Sep 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item
View Item